Laman

10/14/2008

Perjalanan Ke Negeri Seribu Parit

Sekitar pukul 22.00 WIB, hari selasa tanggal 7 oktober 2008 aku bersama rombongan yang terdiri dari Bu Ika, Kak Rini, Pak Yunizar, Pak Ajiz, Bang Supri dan Bang Pendi meluncur dari Pekanbaru ke Tembilahan, Inhil dengan kijang kantor. Kali ini kami menghadiri acara Apresiasi PUAP Gapoktan. Diperkirakan sampai tujuan pagi hari. Sepanjang perjalanan lebih banyak aku habiskan untuk tidur karena mata sudah tidak bisa diajak kompromi lagi.

Indragiri Hlir merupakan salah satu Kabupaten di Riau. Kabupaten ini dijuluki negeri seribu parit. Untuk membuktikannya setelah subuh, masih dalam perjalanan, aku menghitung jumlah jembatan yang kulalui. Dalam 1 jam perjalanan sampai ke kota ada 57 jembatan yang kulalui, artinya hampir setiap 1 menit aku jumpai 1 jembatan (luar biasa). Daerah Inhil sebagian besar masih terdiri dari lahan pasang surut.

Tiba di lokasi pukul sekitar 07.00 WIB, acara Apresiasi PUAP Gapoktan ini dilaksanakan di Wisma Kemuning Muda. Setelah mandi kami keluar untuk sarapan. Menu yang kupilih adalah nasi goreng dan es jeruk. Sebelumnya kami telah mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan dan menata ruangan.Wah, ternyata rumah makan pada penuh semua, betul apa yang dikatakan dalam canda Pak Yun bahwa orang Riau suka makan semua, banyak yang lebih suka makan di warung dari pada masak sendiri.

Jam 09.00 kami tiba di lokasi kembali, sudah banyak peserta yang datang. Acara dimulai dengan sambutan-sambutan kemudian materi dan diskusi. Tugasku adalah sebagai operator laptop. Acara selesai sekitar pukul 15.00 WIB. Karena aku sedang keluar kota maka sholat aku jama` dan qasar. Setelah membereskan tempat, kami berkemas untuk pulang, sebelumnya kami sempatkan untuk makan sate padang. Pukul 16.00 mobil melaju meninggalkan Kota Tembilahan.

Tidak seperti berangkat, ketika pulang lebih sering kugunakan untuk ngobrol. Sekitar pukul 20.00 kami istirahat sambil mengisi perut di rumah Makan Lembah Indah, kali ini menunya adalah udang dan ikan disertai dengan sambal dan lalapan, sungguh lezat. Tiba di Pekanbaru jam menunjukkan pukul 01.00 WIB..

Tidak ada komentar: