Laman

10/01/2008

Idul Fitri

Tak terasa sebulan penuh telah berlalu Ramadhan. Mungkin sebentar lagi tidak terdengar alunan merdu Kalam Illahi dari masjid atau mushola-mushola, tak terlihat lagi orang berbondong-bondong ke Masjid. Akankah masjid sepi lagi?. Tapi Insyaallah akan ada orang yang senantiasa memakmurkan masjid meskipun jumlahnya terbatas. Mudah-mudahan Allah menerima amalan aku-puasa, tarawih, tilawah, zakat dan amalan2 lain- di Bulan Ramadhan ini dan semoga aku dipertemukan dengan bulan Ramadhan tahun depan. Amiin.

Dan kini bulan Syawal telah datang, Idul Fitri nan suci tlah dinanti. Bagi masyarakat Indonesia mudik merupakan tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari lebaran. Kurang afdol rasanya lebaran tanpa kumpul dengan sanak saudara. Bahkan para pekerja di luar negeripun menyempatkan diri untuk pulang. Diperkirakan sekitar 72 ribu orang TKI dari 41 negara mudik lebaran pada tahun ini. Bahkan ada yang rela mudik menggunakan bajaj maupun sepeda pancal (Subhanallah) dari Jakarta ke Jawa Tengah.Tak heran kalau menjelang hari raya jalan-jalan banyak yang macet dan rawan akan kecelakaan.
Bertemu dengan orang tua, saudara maupun teman-teman di kampung sungguh merupakan moment yang indah apalagi bagi mereka yang tidak bisa setiap saat pulang kampung. Suatu hal yang tidak bisa digantikan dengan uang, cinta.

Rupanya takdir berkehendak lain padaku, lebaran tahun ini aku belum bisa pulang, maklum tempat yang jauh dan ongkos transportasi yang besar sebagai kendala, apalagi aku baru 3 bulan di Pekanbaru. Bila kupaksakan pulang gaji yang tiga bulan ini tidaklah mencukupi, lebih baik sebagian aku kirim pulang dan sebagian aku tabung. Untuk saat ini aku harus bersabar dulu.

Saat-saat yang lain pulang kampung, sementara aku masih disini, ada rasa rindu yang menyusup ke hati ini, rindu pada orang tua, saudara maupun teman-teman. Mudah-mudahan rasa rinduku ini menambah kecintaanku pada mereka semua.

Pada kesempatan ini aku ucapkan Taqaballahu minna wa minkum, kullu aamin wa antum bi khoir. Mohon maaf lahir dan batin untuk ikhwah fillah di Magetan dan Malang.

Ya Allah, Engkau tahu bahwa hati ini telah berhimpun dalam kecintaan kepada-Mu, telah berjumpa dalam mentaati-Mu, telah bersatu dalam dakwah kepada-Mu, telah terjalin dalam membela syariat-Mu. Maka teguhkanlah, Ya Allah, ikatannya; kekalkanlah kasih sayangnya; tunjukilah jalan-jalannya; penuhilah hati itu dengan cahaya-Mu yang tidak pernah sirna; lapangkanlah dadanya dengan limpahan iman kepada-Mu dan indahnya kepasrahan kepada- Mu; hidupkanlah ia dengan bermakrifah kepada-Mu; danmatikanlah ia diatas kesyahidan di jalan-Mu. Sesungguhnya Engkau adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Ya Allah, kabulkanlah. Dan curahkanlah sholawat,kesejahteraan dan kedamaian kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘Alaihi Wasallam,serta kepada keluarga dan para sahabat beliau".
Amiiiin.....

Tidak ada komentar: