Laman

9/19/2011

Korban Delay Pesawat

Aku segera bersiap menuju terminal Nganjuk untuk menuju Solo, Bandara Adi Sumarmo pukul 08.00. sampai di terminal Tirtonadi sekitar pukul 12.00. setelah makan siang di terminal aku naik ojek ke Bandara Adi Sumarmo sekitar 20 menit dengan ongkos Rp. 40.000.

Baru  check in saja petugas check in sudah dibilang “maaf pak, pesawat delay 1,5 jam”.  Itu artinya pesawat yang seharusnya take off pukul 14.45 mundur menjadi pukul  16.15 WIB. Sudah ada perasaan tak enak saat petugas mengatakan bahwa pesawat delay, biasanya bisa lebih lama dari yang disampaikan. Benar saja, selang menunggu beberapa lama, diumumkan lagi bahwa pesawat delay lagi sampai pukul 18.10. wuaduuuh.
Alhamdulillah, pesawat sudah datang pukul 17.45, tak berapa lama penumpang disuruh untuk naik ke pesawat, tak sampai 30 menit setelah pesawat landing. Masih ada sampah di dalam pesawat yang belum sempat dibersihkan.

Sampai di Soekarno Hatta sekitar pukul 20.00. tapi kok petugas yang register untuk penerbangan lanjutan sudah tidak ada di tempat. Closed. Akhirnya aku segera menuju ke loket petugas check in. Sudah ada beberapa penumpang yang juga nampaknya akan meneruskan penerbangan lanjutan. Setelah beberapa lama menunggu ada penjelasan dari petugas.

“maaf pak, penerbangan ke pekanbaru sudah berangkat, Bapak-bapak sekalian akan diinapkan dan terbang besok siang” . ternyata ada 27 orang penumpang dewasa yang tujuannya sama dengan aku ditambah dengan anak-anak, belum lagi penumpang yang tujuannya ke daerah lain yang senasib dengan kami.

Tuntutan-tuntutan pun diajukan oleh penumpang yang merasa dirugikan, mulai dari kompensasi sampai permintaan penerbangan pagi untuk esok hari. Apalagi banyak penumpang yang telah rental mobil di bandara SSK II- yang tentu saja tidak bisa dibatalkan begitu saja- karena penumpang banyak yang berasal dari luar Pekanbaru. Tapi berkali-kali dijawab oleh petugas “kami tidak bisa memenuhi tuntutan Bapak-bapak sekalian”.  1 jam lebih di Bandara Soetta dan mengingat banyak anak-anak maka akhirnya kami bersedia untuk diinapkan dan dijanjikan terbang pukul 12.00  esok hari.

Sampai penginapan sekitar pukul 23.00 dan baru pukul 24.00 kami diberi makan malam.  untunglah aku dapat 1 kamar seorang diri. kondisi kamar lumayan bagus, ada AC dan TV, tapi nyamuknya minta ampun banyaknya. Air kranpun tidak mengalir, untunglah masih ada air di bak mandi sehingga aku bisa mandi. Pukul 06.30, saat masih asyik-asyiknya nonton TV dan tiduran kami sudah disuruh siap-siap karena bus yang membawa ke Bandara sudah menunggu, dengan segera aku mandi. Di luar sudah ada beberapa orang yang menunggu dan tidak sempat mandi. Kami juga tidak ada sarapan pagi.

Jam 08.00 kami sampai Bandara dan check in ulang, menunggu pesawat sampai jam 12.00. sekitar pukul 11.30 diumumkan bahwa pesawat delay 1 jam. Saat menunggu tersebut banyak penumpang yang sudah tidak sabar lagi. Jengkel, sebel, marah jadi satu. Apalagi pagi tidak diberi sarapan dan siangpun juga tidak diberi makan. Akhirnya dijanjikan setelah sampai Pekanbaru akan disediakan makan siang. Pukul 13.30 akhirnya pesawat diterbangkan dan sampai Pekanbaru pukul 15.10 WIB.